6 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk cepat dan ampuh

6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Cepat Dan Ampuh

Spread the love

cara memakai masker spirulina campur putih telurMedia Nakes – Mungkin tak ada satu pun dari kita yang menyukai kehadiran nyamuk. Selain mengganggu, nyamuk juga bisa jadi pembawa penyakit.

Menurut WHO, nyamuk merupakan salah satu hewan paling mematikan di dunia. Hal ini dikarenakan kemampuannya membawa dan menyebarkan penyakit ke manusia menyebabkan jutaan kematian.

Beberapa penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk adalah penyakit malaria, demam berdarah dengue (DBD), cikungunya, demam kuning dan kaki gajah.

Untuk itu, jangan menganggap sepele keberadaan nyamuk. Rajin-rajinlah untuk membersihkan lingkungan di sekitarmu agar terhindar dari kemungkinan jadi sarang nyamuk. Selain menjaga kebersihan lingkungan, yang kamu perlu lakukan untuk terhindar dari gigitan nyamuk adalah menjaga kebersihan diri.

Sebab, nyamuk betina menentukan sasaran mangsanya berdasarkan kombinasi bebauan, hembusan napas, dan senyawa di dalam keringat seseorang. Jika terlanjur kena gigitan nyamuk, maka bisa jadi akan muncul bentol dan gatal di area bekas gigitan nyamuk. Hal ini timbul akibat senyawa yang disuntikkan nyamuk ke area gigitannya.

Senyawa tersebut adalah sejenis protein pada sungut nyamuk yang memicu reaksi alergi ringan, sehingga timbul bentol. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang pertama dengan menggunakan krim anti-inflamasi. Krim ini akan mencegah gatal dengan menjaga rasa panas yang diinduksi gigitan tetap rendah.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk berikutnya dengan menempelkan bedak dingin seperti es batu untuk ditempelkan ke kulit yang gatal. Ini bisa memberikan bantuan sementara dalam mengatasi gigitan nyamuk. Meskipun begitu, cara ini tidak bisa ‘mengusir’ protein air liur dari nyamuk. Paling tidak, hal tersebut bisa menenangkan gatal di kulit untuk sementara.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk lainnya dengan menggunakan cuka apel. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan bahan alami ini bisa kamu coba di rumah. Bahkan, setelah digigit segera oleskan cuka apel agar rasa gatalnya segera mereda. Biasanya bekas gigitan nyamuk ditimbulkan oleh kebiasaan menggaruk.

Dengan mengoleskan cuka apel, rasa gatal jadi lebih berkurang sehingga kamu tidak lagi ingin menggaruk bekas gigitan nyamuk tersebut. Ambil bola kapas, lalu tuangkan cuka apel secukupnya ke bola kapas.

Selanjutnya, kompres bekas gigitan nyamuk itu dengan bola kapas sampai rasa gatal dan nyerinya hilang.

4. Caranya sangat mudah kamu bisa langsung mengoleskan putih telur ke bekas luka gigitan nyamuk. Bila ingin cara yang lebih efektif, tambahkan madu murni pada putih telur tersebut.

Ramuan putih telur ini sangat aman untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit tubuh maupun wajah. Diamkan selama semalaman untuk hasil yang lebih efektif dan bersihkan sisanya pada saat kamu mandi pagi. Jika kamu tak tahan dengan bau amisnya, bisa didiamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Madu bisa jadi antiseptik alami yang tidak akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Kandungan antiseptik alami di dalam madu murni terbukti ampuh untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk. Tak perlu menunggu lama, proses menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan madu terbilang sangat cepat. Gunakan madu saat kamu sedang berada di rumah seharian.

Pasalnya, madu akan meninggalkan kesan lengket di kulit. Belum lagi aroma dan rasa madu yang manis bisa mengundang hewan lain untuk mendekati kamu. Oleskan madu secukupnya di bekas gigitan nyamuk, lalu tutupi dengan kain perban atau tisu dan diamkan selama semalaman.

6. Sebab nyamuk tidak menyukai aroma yang sangat menyengat. Bawang putih juga mengandung antiseptik alami yang dapat meredakan gatal karena gigitan nyamuk sekaligus menghilangkan bekasnya. Ambil 1 siung bawang putih, lalu belah menjadi 2 bagian. Oleskan bagian dalam bawang putih ini ke bekas gigitan nyamuk. Untuk mencegah rasa perih, sebaiknya gunakan bawang putih ketika bekas gigitan nyamuk sudah agak mengering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: