6 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Spread the love

Pernahkah Anda sedang tidur, namun tiba-tiba terbangun karena gigitan nyamuk? Ya, nyamuk yang berukuran kecil seringkali menyebabkan benjolan yang terasa gatal dan membekas, sehingga mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Nyamuk yang menggigit manusia diketahui hanya betina yang memiliki mulut berbentuk tabung yang panjang, sehingga dapat menembus kulit dan memakan darah. Gigitan tersebut tidak jarang meninggalkan bekas luka pada kulit. Sebelum membahas cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, mari ketahui gejalanya terlebih dahulu.

Gejala Bekas Gigitan Nyamuk

Nyamuk merupakan jenis serangga yang menggigit lebih banyak dibandingkan jenis serangga lainnya. Pada umumnya bekas gigitan nyamuk muncul beberapa jam setelah nyamuk menggigit dan berbentuk seperti titik kecil di tengahnya. Benjolan tersebut kemudian menjadi merah dan keras, dengan sedikit pembekakan. Reaksi terhadap gigitan nyamuk akan lebih parah jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Berikut beberapa gejala yang muncul setelah nyamuk menggigit:

1. Gatal
2. Peradangan
3. Kemerahan

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Saat nyamuk menggigit, air liur akan disuntikkan ke tubuh manusia sambil menyedot darah. Air liur yang mengandung protein tersebut merupakan penyebab sebagian besar orang yang digigit alergi. Saat sistem kekebalan tubuh mulai bekerja, maka benjolan merah dan rasa gatal pada bekas gigitan nyamuk akan muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara menghilangkan bekas gigitan rumah yang bisa dilakukan di rumah berikut:

Kompres Es

Kompres dengan menggunakan es merupakan salah satu solusi untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk. Kompres es bekerja dengan cara memberikan sensasi dingin pada peradangan, sehingga ketika diterapkan ke area bekas gigitan nyamuk akan mengurangi peradangan dan gatal yang tidak nyaman. Namun, hindari menempelkan es langsung ke kulit dan sebaiknya bungkus dengan kain atau handuk terlebih dahulu.

Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Dikutip dari National Institutes of Health, lidah buaya secara efektif dapat mempercepat penyembuhan setelah kulit terkena luka bakar, luka sayatan, atau gigitan serangga. Dengan mengaplikasikan lidah buaya ke area bekas gigitan nyamuk, maka dapat membantu menyembuhkan luka.

Krim Bekas Luka

Salah satu cara lainnya adalah dengan menggunakan krim bekas luka. Krim tersebut bisa Anda dapatkan secara bebas di toko-toko obat. Caranya, aplikasikan krim tersebut ke area bekas gigitan nyamuk dan lakukan cara ini secara rutin hingga bekas gigitan nyamuk benar-benar sembuh.

Pijat

Cara efektif menghilangkan bekas gigitan nyamuk lainnya adalah memijat area bekas gigitan nyamuk. Memijat area bekas gigitan nyamuk secara teratur berfungsi untuk melancarkan aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar, maka mampu mempercepat produksi kolagen yang sehat, sehingga dapat mengurangi risiko munculnya bekas luka.

Menggunakan Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa juga dapat menjadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara ini berfungsi untuk menjaga area gigitan tetap lembap, yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Dengan menggunakan minyak kelapa secara teratur, dapat menyamarkan bekas luka di kulit Anda.

Salep Antibakteri

Salep antibakteri atau yang disebut bacitracin adalah cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang mudah dan praktis. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, aplikasikan salep tersebut secara teratur setiap malam sebelum tidur. Cara ini akan menurunkan risiko terjadinya infeksi sekaligus mengurangi risiko gigitan nyamuk berubah menjadi bekas luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: