7 pencegahan kanker serviks yang wajib diketahui

7 Pencegahan Kanker Serviks yang Wajib Diketahui

Spread the love

7 Pencegahan Kanker Serviks yang Wajib Diketahui

Media Nakes – Kanker serviks adalah penyakit sangat membahayakan yang banyak serang wanita di Indonesia. Dikutip dari situs sah Kementrian Kesehatan RI, minimal terdaftar ada sekitaran 15.000 kasus kanker serviks di Indonesia tiap tahunnya. Walau mengerikan, pada intinya kanker serviks masih bisa kita hindari. Bagaimana penangkalan kanker serviks yang betul? Baca penjelasannya berikut!
Mengenali Kanker Serviks

Saat sebelum ketahui penangkalan kanker serviks, seharusnya ketahui terlebih dahulu apakah itu kanker serviks. Kanker serviks ialah kanker yang ada pada leher kandungan yang disebut sisi dari mekanisme reproduksi wanita. Serviks atau leher kandungan ada di vagina dan kandungan.

Kanker ini dipacu oleh human papillomavirus (HPV). Walau tidak seluruhnya wanita dengan HPV bisa meningkatkan kanker serviks, tetapi apabila sudah terserang HPV, maknanya Anda mempunyai resiko tinggi terserang kanker serviks. HPV sendiri bisa disebarkan lewat hubungan seks.
Langkah Menahan Kanker Serviks

Kanker yang diketahui sejak awal kali akan dapat gampang ditangani, tetapi lebih baik kembali bila kanker bisa dihindari semenjak awalnya. Kanker serviks bisa serang tiap wanita, hingga pengetahuan mengenai penangkalan kanker serviks semestinya dijumpai oleh tiap wanita.

Berikut langkah-langkah penangkalan kanker serviks yang bisa dilaksanakan:

1. Pengecekan pap smear teratur

Lakukan pengecekan pap smear dengan teratur bisa menjadi satu diantara langkah menahan kanker serviks.

Pap smear ialah pengecekan yang sudah dilakukan untuk ambil contoh beberapa sel serviks untuk ketahui ada atau tidaknya sel yang mempunyai potensi berkembang jadi kanker. Sel yang mempunyai potensi berkembang jadi kanker memang belum tentu akan berkembang jadi kanker, tetapi lebih bagus bila disingkirkannya semenjak awalnya.

Pengecekan pap smear semestinya dilaksanakan dengan teratur tiap tiga tahun wanita umur mulai 21 tahun atau yang telah aktif secara seksual sampai kelak berumur 65 tahun.

2. Pengecekan HPV teratur

Selainnya pengecekan pap smear, test HPV sebagai test yang perlu untuk dilaksanakan sebagai penangkalan kanker serviks.

Sama seperti yang telah disebut awalnya jika kanker serviks berkembang dari HPV. Test HPV bisa dilaksanakan sendiri atau dapat digabungkan dengan pap smear. Wanita dengan umur di atas 30 tahun dianjurkan untuk melakkan test HPV atau HPV dengan pap smear tiap lima tahun sekali.

3. Memperoleh vaksin kanker sekviks

Penyebab kanker serviks ialah HPV, hingga vaksin yang dipakai sebagai penangkalan kanker serviks ialah vaksin HPV.

HPV terdiri lebih dari 100 tipe, tetapi yang terbanyak mengakibatkan kanker serviks ada dua tipe yakni type 16 dan 18. Vaksin ini umumnya diberi saat sebelum seorang aktif secara seksual. Umur 9-13 tahun ialah yang paling direferensikan karena vaksin dipandang lebih efisien bekerja pada mekanisme imun yang bagus di umur itu.

Bila telat memperoleh vaksin, wanita bisa memperoleh vaksin ini sampai umur 26 tahun. Tetapi apabila sudah telah aktif secara seksual, wanita agar lebih dahulu lakukan pap smear saat sebelum memperoleh vaksin.

Vaksin HPV tidak cuma ditujukan untuk wanita saja, tetapi juga untuk pria. Vaksin HPV pada pria berperan sebagai penangkalan kutil kelamin, kanker penis, kanker anus, dan penangkalan penyebaran HPV ke pasangan.

4. Jauhi hubungan seks beresiko

Penangkalan kanker serviks yang bisa dilaksanakan seterusnya dengan menghindar hubungan seks yang beresiko.

HPV bisa disebarkan lewat hubungan seksual, resiko ini pasti makin tinggi bila tidak memakai kondom atau bila berubah-ubah pasangan. HPV bisa disebarkan dari beragam contact seksual, termasuk contact kulit di antara alat kelamin, sex oral, vaginal, sex anal, sampai pemakaian mainan sex.

5. Menghindar rokok

Bila tidak mau terserang kanker serviks, rokok adalah yang perlu Anda jauhi karena rokok adalah factor resiko paling besar kanker serviks.

Wanita perokok dan mengisap asap rokok mempunyai peningkatkan resiko kanker serviks antara beberapa wanita yang terkena HPV. Resiko makin tingkatkan pada wanita perokok semakin banyak dengan periode saat yang semakin lama.

6. Jaga skema makan

Makanan dengan nutrisi imbang menjadi makanan pencegah kanker serviks.

Selainnya konsumsi makanan bergizi, janganlah lupa untuk menghindar beragam makanan yang bisa memacu kanker.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah akan bagus untuk kesehatan Anda keseluruhannya dan menjadi langkah menahan kanker serviks alami. Dan tipe makanan yang seharusnya dijauhi atau terbatasi konsumsinya karena bisa memacu kanker ialah seperti makanan tinggi lemak trans, minuman dan makanan olahan yang memiliki kandungan pengawet, alkohol, dan ada banyak kembali.

7. Jaga berat badan bagus

Jaga berat badan bagus dapat menjadi cara penangkalan kanker serviks.

Berat badan yang berlebih atau kegemukan bisa tingkatkan beragam resiko penyakit akut, terhitung kanker serviks. Dan berat badan di bawah bagus dapat turunkan mekanisme imun yang membuat badan lebih rawan pada penyakit.

Jaga berat badan bagus bisa dilaksanakan dengan jaga konsumsi makanan imbang nutrisi dan olahraga dengan teratur.

Itu ia beragam langkah menahan kanker serviks yang bisa diaplikasikan oleh tiap wantia. Kanker serviks bisa serang siapa, hingga tiap wanita harus siaga pada penyakit satu ini. Mengaplikasikan gaya hidup sehat akan menolong penangkalan kanker serviks.

Kanker serviks kerap kali tidak memunculkan tanda-tanda pada fase awalnya dan baru teridentifikasi sesudah masuk fase lanjut. Janganlah lupa untuk dengan teratur memeriksa diri supaya kanker bisa terdeteksi lebih awal dan memperoleh pengatasan bisa lebih cepat.

Sumber:

  1. Can I Prevent Cervical Cancer? – https://www.webmd.com/cancer/cervical-cancer/understanding-cervical-cancer-prevention diakses 22 Juli 2019
  2. Cervical Cancer Prevention (PDQ®)–Patient Version – https://www.cancer.gov/types/cervical/patient/cervical-prevention-pdq diakses 22 Juli 2019
  3. Prevention
    – Cervical cancer – https://www.nhs.uk/conditions/cervical-cancer/prevention/ diakses 22 Juli 2019
  4. Cegah Kanker Serviks, Kenali Lebih Dalam Pembunuh Nomor Satu Kaum Hawa – http://www.depkes.go.id/development/site/depkes/index.php?cid=1-17073100005&id=cegah-kanker-serviks-kenali-lebih-dalam-pembunuh-nomor-satu-kaum-hawa diakses 22 Juli 2019

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: