9 cara memilih sayuran yang segar dan sehat

9 Cara Memilih Sayuran yang Segar dan Sehat

Spread the love

 

9 Cara Memilih Sayuran yang Segar dan Sehat

Media Nakes – Badan bugar dan sehat sebagai idaman untuk tiap orang. Untuk bertubuh bugar dan sehat, diperlukan usaha yang tidak gampang. Selainnya mengaplikasikan gaya hidup sehat, Anda harus juga pintar langkah pilih sayuran yang baik, karena sayuran yang berkualitas benar-benar baik untuk kesehatan badan Anda, lho!

Jika ingin bertubuh bugar dan sehat, Anda dianjurkan agar semakin banyak konsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan badan, seperti yang terdapat di dalam ayuran.

Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Fresh

Pilih sayuran yang sehat dan fresh penting untuk dilaksanakan. Tenang, saat ini Anda tak perlu cemas, karena berikut ialah beberapa panduan memilih sayuran yang bagus untuk Anda:

1. Cermati warna sayuran

Saat Anda memilih sayuran, hal pertama yang Anda lihat ialah warna dari sayuran itu. Cara memilih sayuran yang baik ialah sayuran yang masih mempunyai warna ceria atau warna aslinya. Karena, sayuran yang telah berbeda warna memperlihatkan jika sayuran itu tidak fresh kembali. Dan bisa saja nilai nutrisi dan vitaminnya telah menyusut.

Sayuran yang berbeda warna di antarannya wortel dan kentang yang mempunyai warna hijau di pangkalnya, dan sayuran berdaun hijau yang mulai menguning.

2. Sayuran berdaun tidak layu

Cara gampang untuk ketahui sayuran yang masih bagus atau mungkin tidak disaksikan dari warna dan kesegarannya. Sayuran berdaun seperti bayam, kangkung, selada, sawi, yang masih bagus umumnya mempunyai struktur yang mesih keras dan berwarna yang hijau ceria dan fresh. Sementara sayuran yang tidak baik kelihatan layu dan berbeda warna.

Sayuran yang masih fresh umumnya baru dipanen dan tidak lewat perjalanan yang lama.

3. Sayuran yang bebas pestisida

Cara memilih sayuran yang baik rupanya bukan yang mulus dan utuh, lho!

Umumnya dalam sayuran ada ulat kecil yang sukai makan daun-daun sayuran, hingga mengakibatkan daun pada sayuran tidak utuh dan prima kembali. Namun, hal itu rupanya baik sekali untuk kesehatan Anda. Karena, bila daun pada sayuran dikonsumsi ulat, itu mengisyaratkan jika sayuran bebas dari pestisida. Oleh karenanya, saat pilih sayuran, Anda harus pilih sayuran yang mempunyai daun tidak utuh, alias bolong-bolong.

Disamping itu, ciri-ciri sayuran yang disemprotkan pestisida akan kelihatan bintik putih yang jadi kering pada permukaan daunnya.

4. Sayuran yang belum dibersihkan

Salah satunya cara pilih sayuran yang baik dan fresh setelah itu cari sayuran yang masih berakar dan belum dicuci oleh pedagang sayur. Ini karena sayuran yang belum juga dibikin bersih condong lebih fresh dan tidak gampang layu dan busuk. Disamping itu, kandungan air didalamnya selalu terlindungi secara baik.

5. Sayuran tidak kerutan

Saat Anda beli sayuran umbi-umbian seperti bawang, kentang, wortel, ubi, bengkoang, seharusnya jauhi bila sayuran pada keadaan kerutan, benyek, bengkak, berlubang, bertunas, dan tidak keras.

Cara memilih sayuran yang baik, pilih sayuran umbi-umbian yang masih memiliki tekstur keras dan wewangiannya masih fresh. Contoh, bawang putih yang fresh ialah bawang yang mempunyai warna putih dan bersih, tidak bertunas, kulit bawang tidak kerutan dan tidak warna kekuningan.

6. Tidak benyek dan bau

Ketika menentukan sayuran buah seperti tomat, terong, mentimun, paprika, dan sayuran buah yang lain, lihat dengan jeli. Bagaimana triknya?

Cara memilih sayuran yang baik cukup memperhatikan keadaannya, jika sayuran buah ini pecah, robek, benyek, berair, berjamur dan bau, ini pertanda tidak pantas untuk Anda kondumsi.

7. Berbelanja sayur di pasar petani

Cara memilih sayuran yang baik di supermarket terang pantas, tapi berbelanja di pasar petani lebih pantas serta lebih pintar secara keuangan, karena harga tambah murah.

Disamping itu, berbelanja sayuran di pasar petani lebih terjaga kesegarannya, karena barusan di panen dari kebun. Keuntunyan yang lain, sayuran yang Anda bisa langsung mempunyai waktu pembusukan semakin lama.

8. Berbelanja sayuran pada pagi hari

Cara memilih sayuran yang baik selanjutnya perlu perjuangan, kaena Anda harus bangun pagi. Ini umumnya dilaksanakan oleh penjual sayur untuk memperoleh sayuran yang masih fresh.

Selainnya masih fresh, beli sayuran pada pagi hari membuat Anda gampang pilih sayuran yang masih komplet, alias belum kekurangan. Pasti ini membahagiakan, kan?

9. Pilih sayuran organik

Konsumsi sayuran organik pasti sehatkan, karena bebas dari paparan pestisida yang bisa berbahaya untuk kesehatan Anda. Lalu bagaimanakah langkah pilih sayuran organik?

  • Sayuran organik umumnya bolong-bolong karena sisa gigitan ulat
  • Sayuran organik mempunyai warna yang lebih ceria dibanding sayuran non-organik
  • Tidak ada bintik putih atau pestisida yang mengnering pada permukaan sayuran
  • Sayuran organik di supermarket umumnya ada stiker atau segel organik bersertifikasi.
  • Beli sayuran langsung dari petani atau pasar tradisionil, karena Anda dapat menanyakan langsung mengenai kualitas sayuran.

Panduan Simpan Sayuran yang Betul

Selainnya langkah pilih sayuran yang baik, penting juga bagaimanakah cara simpan sayuran yang benar dan baik seperti berikut:

  • Saat sebelum diletakkan dalam kulkas, membersihkan dan bersihkan sayuran lebih dulu dari akar, tanah, dan daun yang menguning.
  • Tentukan tempat yang pas untuk sayuran, seperti kertas dan plastik
  • Tidak boleh simpan sayuran dan buah dalam penyimpanan yang sama. Jika digabung, buah bisa mengakibatkan sayuran hijau berbeda warna
  • kuning sepanjang proses pematangan.
  • Taruh sayuran fresh terpisah dari daging mentah, unggas dan ikan.
  • Taruh potongan buah dan sayuran dalam kantong plastik tertutup atau
  • teratur bersihkan tempat di kulkas.
  • Taruh sayuran umbi-umbian dan buah-buahan fresh yang memerlukan
  • pematangan pada temperatur kamar.

Nach, sesudah tahu cara memilih sayuran yang baik, pasti Anda dapat membandingkan mana sayuran yang masih fresh dan yang tidak. Mudah-mudahan berguna ya, Rekan Sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: