telur ikan bisa picu kolesterol tinggi

Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi ?

Spread the love

Telur Ikan Bisa Picu Kolesterol Tinggi?

Media Nakes – Tidak cuman daging ikan, telur ikan dikenal juga mempunyai rasa yang paling sedap hingga dicintai oleh beberapa orang. Bahkan juga, bila kita sampai mendapati ikan yang mempunyai telur dalam perutnya, kita berasa seperti untung sebab bisa nikmati kesedapannya. Namun, apakah benar asumsi beberapa orang yang menyebutkan telur ikan bila dimakan dengan terlalu berlebih dapat mengakibatkan cholesterol tinggi?

Beragam gizi yang dapat diketemukan dalam telur ikan

Ada banyak olahan makanan yang dapat dibikin dari telur ikan. Sebagai contoh, telur ikan goreng atau sushi dapat diproses berbahan makanan ini. Tidak diduga, dibalik kesedapan yang ditawari oleh telur ikan, kita bisa juga mendapati gizi sehat didalamnya.

Dalam telur ikan ada kandungan seperti protein, vitamin B2, B12, C, E, asam folat, fosfor, selenium, sampai asam lemak omega 3 yang tinggi sekali. Disamping itu, kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat didalamnya condong rendah. Ini memiliki arti, telur ikan pas untuk dimakan oleh siapa, terhitung oleh mereka yang jalani program diet.

Ahli kesehatan menyebutkan dalam 30 gr telur ikan ada kandungan protein sekitar 6 gr. Jumlah ini nyaris sama dengan dengan 1 butir telur ayam sama ukuran besar. Disamping itu, dalam telur ikan condong mempunyai kandungan anti-oksidan yang tinggi sekali. Kandungan ini pasti menolong menantang paparan jelek radikal bebas yang dapat mengakibatkan hadirnya penyakit.

Kehadiran anti-oksidan ini akan tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Bahkan juga, karena ada vitamin B12 yang tinggi sekali, karena itu otak dan saraf bisa menjadi makin sehat. Pembangunan energi bisa menjadi makin lebih baik, dan membuat proses pembangunan sel darah merah dan DNA jalan secara lancar.

Hubungan konsumsi telur ikan dengan kandungan cholesterol

Ahli kesehatan menyebutkan kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dalam telur ikan dapat menolong badan menahan hadirnya infeksi, pengentalan atau aglutinasi darah, sekalian turunkan kandungan cholesterol jahat pada tubuh.

Kandungan esicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) dalam telur ikan baik sekali untuk kesehatan otak. Bila kita konsumsi 30 gr telur ikan, karena itu kita bisa memperoleh asam lemak omega 3 sekitar 1.000 mg, EPA sekitar 400 mg, dan DHA sekitar 500 mg. Kandungan ini dapat menolong menahan hadirnya penyakit stroke dan jantung.

Telur ikan dapat sehatkan tulang dan sendi

Dalam telur ikan ada kandungan astaxanthin, semacam anti-oksidan yang paling kuat dan membuat kuning telur mempunyai warna kekuningan yang unik. Kandungan ini rupanya bisa juga tingkatkan kemampuan mekanisme ketahanan tubuh dalam menantang paparan jelek radikal bebas. Kandungan vitamin D dalam telur ikan juga tinggi. Kandungan ini dapat membuat mekanisme ketahanan tubuh, tulang, dan sendi jadi lebih kuat.

Walau sehat, konsumsi telur ikan seharusnya terbatasi

Dibalik faedah kesehatan yang ditawari oleh telur ikan, ahli kesehatan menyebutkan konsumsi telur ikan seharusnya terbatasi. Ini disebabkan karena kehadiran kandungan kolesterolnya yang lumayan tinggi, yaitu sekitaran 165 miligram untuk tiap 20 gr telur ikan.

Walau mempunyai kandungan asam lemak omega 3, bila mengkonsumsinya dengan terlalu berlebih akan membuat konsumsi cholesterol jadi tinggi sekali dan dekati batas optimal setiap hari yang cuman 300 mg.

Tidak itu saja, dalam telur ikan mempunyai kandungan sodium yang lumayan tinggi. Apa lagi bila telur ikan diproses di di air garam. Setiap 30 gr telur ikan bisa jadi mempunyai kandungan sodium sampai 420 mg, nyaris seperlima dari batas optimal konsumsi garam harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: